TIPS MEMPERBAIKI PORT USB YANG TIDAK BERFUNGSI

Tips Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi - Seberapa pentingnya sebuah port USB pada PC/laptop?Pasti di antara kalian sepakat menjawab sangat penting. Mengapa? 

Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi

1. Pertama port USB membantu kita terhubung dengan perangkat peripheral seperti memori external, mouse, keyboard, modem, atau bahkan DVD-Rom Portable yang menggunakan fasilitas port USB. 

2. Kedua untuk melakukan booting pada saat instalasi PC/laptop apabila tidak ada DVD-R. Namun, selain dari yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi peripheral PC/laptop yang menggunakan port USB. Dapat terlihat seberapa pentingnya kehadiran port USB dalam kehidupan Anda. source. plimbi.

Lalu bagaimana jika port USB yang Anda miliki tidak berfungsi?

Itulah pernyataan dari segelintir pengguna port USB, apalagi diperparah dengan kuantitas yang diberikan oleh pembuat hanya satu. Kemudian muncul pertanyaan bagaimana cara memperbaiki port USB yang tidak berfungsi? Apa solusinya? Apakah mudah?

Tapi sebelum kita melanjutkan ke tahap memperbaikinya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya: 

1. Siapkan peripheral dengan kondisi baik yang menggunakan port USB. (di sini dapat kita mengambil contoh flashdisk) 

2. Port USB yang akan diperbaiki. 
Driver untuk USB. (digunakan apabila kerusakan port USB tidak dapat diperbaiki dengan cara fisik) 

Langkah selanjutnya adalah pengetahuan untuk memperbaikinya. Tanpa pengetahuan, mustahil Anda dapat memperbaiki masalah ini. Untuk menambah pengetahuan Anda, baca dan pahami tutorial di bawah ini:

Pemeriksaan Fisik Port USB

Dalam langkah ini, kita harus memeriksa port USBnya secara langsung. Untuk mengujinya, cobalah Anda sambungkan flashdisk dengan port USB, apabila tidak ada notifikasi perangkat terpasang, coba goyangkan ke atas/bawah dengan lembut. INGAT! Dengan lembut. Karena kita tidak ingin ‘bukannya port USB yang membaik, tapi malah flashdisk kita yang rusak’. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah port USB longgar atau tidak.

Namun, jika tidak ada juga notifikasi yang masuk, Anda dapat memberi taksiran bahwa port USB rusak. Untuk memastikannya lebih jelas, dapat dilakukan langkah selanjutnya.

Pengetesan Sambungan USB dari Peripheral

Setelah mengetahui dan memberi taksiran bahwa port USB yang telah dicoba rusak, cobalah pasangkan flashdisk tadi pada port USB lain yang masih berfungsi dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah peripheral yang kita gunakan memiliki kondisi baik atau tidak, terutama pada sambungan USBnya. Apabila peripheral yang kita gunakan masih berjalan dengan baik, berarti memang benar port USB kita ada masalah/rusak. Maka untuk itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Restart Komputer

Sebelum anda ketahap yang lebih spesial (read: Device Manager), cobalah untuk melakukan restart komputer. Terkadang langkah ini dilakukan untuk melakukan scan hardware maupun software seperti port USB dan drivernya untuk berjalan kembali. Apabila gagal, Anda dapat langsung ke tahap yang lebih khusus.

Device Manager

Ketika Anda ingin membuka Device Manager, ada beberapa cara yang dapat dilakukan: 

Klik Start > Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager. 

Klik Start > ketik devmgmt.msc > Enter. 


Ketika telah masuk Dvice manager, langkah yang harus dilakukan:

Pertama ‘Universal Serial Bus Controller’ kemudian klik kanan dan pilih ‘Scan for Hardware Change’. Jika masih belum bisa, lakukan langkah berikutnya.source. google

Kedua, pilih tanda tambah ‘+’ / panah pada ‘Universal Serial Bus Controller’ kemudian lihat apakah ada tanda seru berwarna kuning. Jika ada, klik kanan dan uninstall semua yang bertanda kuning, lalu restart komputer, maka komputer akan mencoba kembali mendeteksi hardware. Jika masih gagal gunakan langkah selanjutnya. Source: forum.winpoin

Ketiga, Pilih driver yang bertanda seru kuning pada Universal Serial Bus Controller kemudian double klik ketika memasuki dialog propertiesnya, pilih ‘details’ kemudian pada kolom ganti dengan ‘Hardware Ids’ guna mengetahui kode yang dipakai oleh perangkat hardware yang bersangkutan lalu copy dan cari pada web browser secara otomatis, kode yang dicari akan berubah menjadi nama drivernya. Kemudian download dan instal.source: google

Untuk langkah ini, pasti berhasil karena kita melakukan instal ulang drivernya. Selanjutnya Anda dapat dengan leluasa menggunakan port USB tersebut.Tapi, jika driver yang dicari tidak ditemukan, coba gunakan dengan kode yang lain pada driver yang sama.

Itulah langkah-langkah Tips Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki port USB,selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIPS MEMPERBAIKI PORT USB YANG TIDAK BERFUNGSI"

Post a Comment