MEMPERBAIKI FLASHDISK TIDAK BISA DIISI FILE/DATA

Memperbaiki FlashDisak Tidak Bisa Diisi File/Data - Pernahmengalami flashdisk anda yang tidak dapat menyimpan sejumlah data? Memasukkan data dengan ukuran (size) kecil muncul peringatan bahwa data/file anda memiliki ukuran (size) yang terlalu besar? Seperti anda memiliki flashdisk dengan kapasitas 4GB ketika anda akan memasukan sejumlah data dengan ukuran (size) 4MB, muncul peringatan dari sistem bahwa file yang anda masukkan terlalu besar sehingga membuat ruang flashdisk anda penuh.

 FlashDisak Tidak Bisa Diisi File/Data


Apa penyebab terjadinya hal tersebut?

Penyebab dari terjadinya hal tersebut adalah sistem flashdisk anda berada pada sistem FAT. Dalam sistem ini ruang penyimpanan hanya memiliki daya tampung maksimal 2GB walaupun flashdisk anda masih memiliki ruang kosong yang sangat banyak.

Untuk itu, apabila  menginginkan flashdisk anda digunakan sebagaimana mestinya, anda harus mengubaha sistem flashdisk anda menjadi sistem NTFS. Mengapa? Karena NTFS memiliki kemampuan untuk mengompres file untuk kemudian menyimpan space pada media penyimpanan tersebut dalam hal ini adalah flashdisk, sehingga sistem NTFS sangat baik untuk digunakan pada media penyimpanan berukuran besar.

Selain itu, NTFS juga memiliki kemampuan untuk pengenkripsi data sehingga tidak bisa sembarang dihubungkan ke macam-macam device.

Dan yang perlu diketahui direkomendasikan untuk menggunakan sistem NTFS adalah flashdisk dengan kapasitas lebih dari 1GB. Apabila flashdisk anda memiliki kapasitan hanya 1GB kemudian sistem flashdisk anda adalah FAT, flashdisk anda masih tetap bisa dipakai dan dipergunakan dengan baik. Karena FAT hanya memiliki batas maksimum 2GB.

Lalu bagaimana cara yang harus dilakukan untuk merubah sistem FAT ke NTFS?Sebelum anda memperbaikinya, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan adalah flashdisk dengan sistem FAT.

Kemudian harus anda pastikan agar perbaikan yang anda lakukan tidak sia-sia. Untuk selanjutnya anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik kanan pada My Computer, dan klik Manage.
2. Klik pada Device Manager dan kemudian pilih Disk Drive kemudian pilih nama USB Drive (flashdisk) yang akan anda ubah (flashdisk yang terpasang).

3. Klik kanan pada USB Drive yang dipilih dan klik Properties.
4. Klik pada tab Policies, pilih salah satu dari pilihan, kemudian klik OK.

Terdapat 2 pilihan yaitu “Quick Removal” dan “Better Performance”.

> Pilih Quick Removal jika anda pengguna Windows XP, Vista dan 7.

> Better Performance jika anda pengguna Windows 8 dan Windows 10.

Kembali ke My Computer, klik kanan pada USB Drive yang dipilih dan pilih Format.

Pada File System pilih format NTFS dan klik start untuk memulai. Tunggu hingga proses formatting selesai. Jika telah selesai, maka proses formatting pun selesai.

Untuk Catatan:
Untuk semua dokumen, file/folder yang berada di dalam flashdisk dipindahkan terlebih dahulu agar data-data yang ada pada flashdisk tidak terformat.

Itulah tadi langkah-langkah Memperbaiki FlashDisak Tidak Bisa Diisi File/Data yang dilakukan untuk mengubah flashdisk anda dari FAT ke NTFS agar flashdisk anda dapat digunakan dengan semestiya. Selamat mencoba.semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MEMPERBAIKI FLASHDISK TIDAK BISA DIISI FILE/DATA"

Post a Comment