TIPS MENGATASI DAN MENCEGAH VIRUS RANSOMWARE WANNA CRY

Tips Mengatasi Dan Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry - Dalam beberapa hari terakhir ini masyarakat dunia terutama di bidang IT telah dihebohkan oleh serangan virus jenis ransomware bernama Wanna Decryptor atau Wanna Cry. Di Indonesia server komputer Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita telah menjadi korban virus tersebut.

Ransomware Wanna Cry merupakan malware yang diseberkan secara acak oleh teroris siber melalui jaringan internet dan menginfeksi komputer berbasis Windows yang memiliki kelemahan pada fungsi server message block (SMB) untuk meng-encrypt seluruh file yang ada pada komputer sehingga tidak bisa diakses.



Seperti yang terlihat pada tampilan, jika pengguna menginginkan semua file yang ada dikomputer kembali dengan normal, maka pengguna harus membayar tebusan biaya dalam bentuk Bitcoin senilai $300 sampai $600. Menurut informasi yang kami dapatkan sampai saat ini setidaknya sudah ada 200 ribu komputer diseluruh dunia yang terinfeksi oleh virus ini.

Meski hingga saat ini serangan virus tersebut terbukti hanya menyerang perusahaan atau instansi besar di seluruh dunia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa komputer pribadi pun juga akan menjadi korban, mengingat virus ini hanya menyerang komputer berbasis Windows.

Sebelumnya beredar kabar bahwa seorang pemuda asal Inggris berusia 22 tahun, sempat menghambat penyebaran virus Wanna Cry. Pasalnya pemuda tersebut memang memahami cara kerja dari ransomware tersebut. Tetapi tidak lama setelah itu ransomware melakukan update versi yang lebih tinggi, yakni WannaCry 2.0. Sehingga ransomware tersebut menjadi lebih ganas.

Tips Mengatasi Dan Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry

Nah, maka dari itu kali ini tim Malang Tekno akan membagikan tips mengenai Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry yang telah menginfeksi komputer Windows Anda. Namun hal pertama yang akan kita bahas kali ini adalah pencegahan terhadap virus tersebut, berikut ulasannya.

Bagi Anda yang mungkin sampai saat ini merasa komputer Anda masih aman dan belum terserang serangan oleh virus ransomware Wanna Cry, maka sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan berikut.

Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Untuk Pengguna Awam

Di Indonesia mungkin banyak pengguna komputer, namun tentunya tidak semua orang memahami komputer secara mendalam. Buat Anda yang masuk dalam kategori ini, sebaiknya lakukan langkah dasar seperti berikut.

Hal pertama, putuskan koneksi internet komputer Anda baik dari kabel LAN atau Wi-Fi. Terutama untuk Anda yang menggunakan koneksi Wi-Fi hotspot di tempat umum.

Selanjutnya persiapkan hard disk eksternal atau setidaknya flash disk


Setelah itu lakukan backup data ke penyimpanan eksternal tersebut. Kami sarankan agar Anda mengutamakan file penting Anda terlebih dahulu.

Selesai.

Sekarang file dan data Anda lebih aman, seandainya komputer Anda terinfeksi virus ransomware Wanna Cry, Anda tidak akan kehilangan data penting Anda. Ini memang merupakan langkah dasar mencegah Virus Ransomware Wanna Cry. Karena virus tersebut pada dasarnya mengunci semua file yang terdapat pada komputer.

Baca Juga: Antivirus Khusus FlashDisk

Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry Untuk Pengguna Ahli

Namun apabila Anda merupakan seseorang yang ahli atau memahami sistem komputer secara mendalam, tentunya Anda harus melakukan langkah advanced sebagai berikut.

Langkah 1

Putuskan koneksi internet dari komputer Anda, baik itu dari kabel LAN atau Wi-Fi hotspot

Lakukan backup file dan data penting Anda


Langkah 2

Matikan fitur Windows SMB v1.0

Tekan tombol Windows pada keybord

Kemudian ketikkan Windows Features lalu tekan Enter

Selanjutnya hilangkan centang pada opsi SMB 1.0/CIFS File Sharing Support

Jika sudah klik OK dan silahkan Restart komputer Anda


Langkah 3

Pastikan fungsi Macros atau Windows Script & Macro pada komputer Anda dalam keadaan mati. Untuk memastikan ikuti langkah-langkah berikut.

Klik Start > Run, lalu ketikan wscript

Jika pada layar komputer muncul pesan “Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details.” berarti WSH (Windows Script Host) dalam keadaan mati.

Langkah 4

Blokir port 139, 445 dan 3389 dengan menggunakan Windows Firewall

Pertama tekan tombol Windows pada keyboard

Selanjutnya ketikkan Windows Firewall with Advanced Security, lalu tekan Enter

Setelah itu klik opsi Inbound Rules, lalu klik New Rules.

Lalu klik opsi Port dan klik Next

Kemudian pastikan untuk memilih TCP, dan pastikan pula memilih Specific local port lalu ketikkan 139, 445, 3389 dan klik Next

Jika sudah klik pada Block the connection dan klik Next

Selanjutnya pastikan Anda memilih Domain, Private dan Public lalu klik Next

Terakhir silahkan berikan nama Blok WannaCry lalu klik Finish


Langkah 5

Jika semua langkah diatas sudah selesai, hubungkan kembali koneksi internet seperti biasa. Kemudian update security Windows dengan patch MS17-010. Untuk mendapatkannya silahkan download pada link dibawah ini.




File download Patch MS17-010 kurang lebih berukuran 1GB. Jika sudah terdownload, lakukan penginstalan seperti biasa.

Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry

Selanjutnya apabila komputer Anda sudah terlanjur terinfeksi oleh ransomware Wanna Cry, maka Anda harus melakukan langkah Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry dibawah ini.

Pertama silahkan masuk System Configuration dengan klik tombol kombinasi Windows + R dan ketikkan msconfig

Selanjutnya pilih opsi Boot dan centang Safe Boot dan pilih juga Minimal


Setelah itu pilih OK dan lakukan restart komputer Anda

Setelah Restart selesai, silahkan masuk pada Control Panel > Folder Options > Show Hidden File > klik Apply


Jika sudah silahkan masuk kembali pada System Configuration dan pilih Startup setelah itu hilangkan centang pada program yang mencurigakan atau tidak Anda ketahui sebelumnya lalu klik OK dan pilih Exit without Restart

Setelah itu periksa folder untuk menemukan file yang mencurigakan

%TEMP%

%APPDATA%

%ProgramData%

Apabila Anda menemukan folder Wanna Cry, silahkan langsung dihapus



Selanjutnya cek Host file, karena file tersebut bisa Corrupt dengan virus. Untuk letaknya silahkan masuk pada C:\windows\System32\drivers\etc. Silahkan buka dengan Notepad dan jika Anda menemukan situs yang mencurigakan silahkan langsung dihapus

Jika sudah, silahkan masuk lagi ke System Configuration dan hilangkan centang pada Safe mode dan klik Restart

Setelah Anda melakukan restart, tidak akan ada Decryption Tool. Akan tetapi Anda bisa melakukan restore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah tadi.

Nah sekarang Anda bisa melihat versi lama dari file yang terenkripsi

Silahkan hapus file yang berhubungan dengan ransomware tersebut seperti

Readme.txt.WCRY

License.txt.WCRY

History.txt.WCRY

!Please Read Me!.txt

!WannaDecryptor!.exe

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry adalah trik paling mudah yang dapat diterapkan pada komputer Windows 7, Windows 8, Windows, XP, Windows Vista, Windows 98, Windows 2000 dan lain sebagainya.

Nah dengan mengikuti semua langkah-langkah Tips Mengatasi Dan Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry , maka Anda sudah meminimalisi dampak virus ransomware Wanna Cry. Selamat mencoba dan tak lupa kami ucapkan terima kasih telah berkunjung di situs kami.source

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIPS MENGATASI DAN MENCEGAH VIRUS RANSOMWARE WANNA CRY"

Post a Comment