CARA MERAWAT KOMPUTER TANPA SOFWARE

Cara Merawat Komputer Tanpa Sofware - Pada dasarnya sistem operasi seperti windows suatu saat akan terasa berbeda seperti pertama kali diinstal, selain memang karena sudah terlalu banyak program atau aplikasi yang diinstal dan dijalankan pada sistem operasi tersebut.Mungkin ada beberapa program yang bisa memberikan solusi terhadap sistem operasi kita yang sudah rusak, akan tetapi, lagi-lagi, kita harus menginstalnya terlebih dahulu.

MERAWAT KOMPUTER TANPA SOFTWARE

Kali ini ada beberapa tips bagi anda untuk merefresh kembali sistem operasi anda tanpa harus menggunakan software.semakin banyak program yang kita instal semakin penuh resource memory kita dan akibatnya kinerja sistem operasi kita akan semakin lambat dan tidak stabil.

Bagaimanakah cara biar itu ga terjadi , berikut langkah langkah untuk melakukan perawatan pada komputer tanpa harus dinstal atau tanpa sofware tertentu:

1. Langkah pertama gunakan Disk Defragmenter

Disk Defragment merupakan proses menulis ulang bagian-bagian dari sebuah file pada hard disk untuk meningkatkan kecepatan akses dan pengambilan.

2. Langkah Kedua aktifkan Disk Clean Up

Mengurangi jumlah file pada disk, atau membuat ruang lebih bebas, hal itu dapat dilakukan tanpa merusak program-program anda dengan melakukan disk clean up.

Caranya : Start Windows - All Programs - Accessories - System Tools - Disk Cleanup

3. Langkah Ketiga gunakan Prefetch

Prefetch berfungsi untuk meningkatkan kinerja pada saat booting dan starting sebuah aplikasi. Pada saat booting atau starting sebuah aplikasi, File-file yang di-load tersebut berada pada folder C:/Windows/Prefetch

4. Langkah Keempat coba bersihkan File Temporary

File-file temporary adalah file-file bawaan pada saat kita menginstal suatu program, ataupun menjalankannya. prinsipnya file-file tersebut tidak digunakan lagi, untuk itu dapat kita hapus secara permanen.

File-file tersebut bisa ditemukan pada lokasi :

a). C:\Documents and Settings\user\Local Settings\Temp
b). C:\Documents and Settings\user\Recent
c). C:\Documents and Settings\user\Local Settings\ApplicationData\Mozilla\Firefox\Profiles
\c6rzh857.default\Cache (Bagi yang menggunakan Mozilla Firefox)
d). C:\WINDOWS\Temp

Catatan:

Pastikan anda telah mengaktifkan menu show hidden files yang dimiliki windows karena file-file tersebut memang file yang disembunyikan oleh windows.

jika belum gunakan langkah berikut ini: Buka Windows Explorer (Tombol Windows+E) - pada tab Tools pilih Folder Options - pilih tab View - pilih show hidden files and folder

5. Langkah Kelima lakukan Check Disk C maupun D

Check Disk adalah fasilitas yang diberikan oleh windows untuk melakukan perawatan terhadap sistem dan harddisk itu sendiri. 

Check Disk dengan cara sebagai berikut:

Buka Windows Explorer Klik Kanan pada salah satu partisi pada harddisk anda

pilih properties 

pilih tab Tools 

Lalu pilih check now 

Lalu centang kedua pilihan yang ditampilkan (windows akan secara otomatis melakukan check disk setelah anda reboot. Atau dengan membuka command prompt lalu ketik "chkdsk" tanpa tanda kutip lalu tekan enter.Nah sobat itulah tadi sedikit Cara Merawat Komputer Tanpa Sofware Selamat mencoba,Semoga Bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MERAWAT KOMPUTER TANPA SOFWARE"

Post a Comment